Sabtu , April 4 2020
Home / Anambas / Pelabuhan Anambas Ini Berpotensi Sumbang PAD
0

Pelabuhan Anambas Ini Berpotensi Sumbang PAD

Anambas-keprilive.co.id. Ketua Unit Nelayan Siantan Muslimin menyayangkan Pelabuhan Pantai Perikanan (P3) Antang, Desa Tarempa Timur  Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) belum di optimalkan.

Muslimin mengatakan, Pelabuhan Perikanan Pantai Antang adalah milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) belum difungsikan dengan maksimal, padahal akan menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sektor perikanan.

“pelabuhan perikanan pantai antang kalau di kelola dengan baik akan menyumbangkan PAD daerah dan akan memberikan nilai ekonomi untuk masyarakat sekitar,” ungkap Mus.

Dirinya menjelaskan, Pelabuhan Perikanan Pantai Antang sudah memiliki beberapa sarana dan prasarana pendukung untuk aktifitas perikanan.

“disitu sudah ada tempat pelelangan ikan (TPI), ruangan pembeku ikan dengan kapasitas 1,2 ton, ruangan pendingin ikan dengan kapasitas 130 ton, sumber air bersih, pabrik es dengan produksi 20 ton dan gudang bengkel, tentu sudah menjadi modal berharga untuk meningkatkan pendapatan daerah di sektor perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” jelas Mus.

Harapnya, pemerintah Provinsi kepulauan Riau (Kepri) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melakukan perbaikan dan konsentrasi dalam pembangunan perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“untuk kemajuan sektor perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas harus ada keseriusan bersama dengan melakukan perbaikan dan penambahan sarana pendukung lainnya seperti mempercepat adanya Pertamina, menambah kapasitas dari sarana pendukung yang telah ada termasuk bagaimana menghimbau kapal-kapal besar yang beroperasi di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk membuat izin singgahnya ke Anambas, serta pelabuhan perikanan pantai antang harus menjadi pelabuhan perikanan untuk bongkar muat ikan,” terang Mus.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, selama ini baik nelayan lokal dan nelayan luar daerah dengan kapal-kapal besar diatas 30 Gross Tonnoes (GT) yang beroperasi wilayah tangkap di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas belum memberikan kontribusi.

Solusi lainnya, dengan mengaktifkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Perikanan Pantai Antang akan menambah nilai jual ikan, karena langsung lelang dengan pengusaha dan penampung ikan serta akan menjadi efek domino dalam ekonomi kerakyatan.

Jika itu bisa diwujudkan,  maka akan memberikan pendapatan untuk daerah dan masyarakat serta sebagai langkah awal untuk merangsang pelaku usaha perikanan agar berinvestasi di Kabupaten Kepulauan Anambas. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *