Kamis , April 9 2020
Home / Bintan / Kabupaten Bintan Bertekad Raih Swasti Saba Wiwerda

Kabupaten Bintan Bertekad Raih Swasti Saba Wiwerda

Media Centre Bintan – Kabupaten Bintan telah meraih Swasti Saba Padapa ( Pemantapan ) pada Tahun 2015 . Dan untuk tahun 2017 ini, Kabupaten Bintan bertekad untuk menuju Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan). Pengembangan Kabupaten Bintan Sehat merupakan satu diantara bagian dari dinamika dan semangat bagi Pemerintah Daerah, lembaga legislatif dan komponen masyarakat ( Forum Kabupaten Bintan Sehat yang diketuai oleh Ibu Hj Deby Apri Sujadi ) dalam jaminan kerjasama yang indah untuk mewujudkan kondisi Kabupaten Bintan Sehat .

Dalam Rapat Persiapan Penilaian Kabupaten Sehat di Ruang Rapat 3 Kantor Bupati Bintan , Selasa pagi ( 24/1 ). Tim Pembina KKS Provinsi Kepri Khasam Iskandar, SKM, MPH mengatakan bahwa untuk tingkat Provinsi Kepri diantara 7 Kabupaten/Kota , maka Kabupaten Bintan masih yang terdepan dalam kriteria Kabupaten Sehat . Dan Pemerintah Provinsi Kepri juga mengapresiasi bahwa Kabupaten Bintan untuk tahun ini akan memfokuskan pada 4 tatanan yang akan menjadi penilaian oleh Tim Verifikasi baik di tingkat Provinsi Kepulauan Riau maupun Tim Verifikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna mewujudkan Swasti Saba Wiwerda . Adapun ke empat tatanan tersebut antara lain ;

1. Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum Sehat .
2. Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri .
3. Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat .
4. Kawasan Pariwisata Sehat .

” tahun 2015 , Kabupaten Bintan telah berhasil meraih Swasti Saba Padapa dan Tahun 2017, Kabupaten Bintan akan meningkatkan menjadi Swasti Saba Wiwerda dengan kategori 4 tatanan ” ujarnya .

Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM mengatakan bahwa penghargaan Piala Swasti Saba diberikan kepada Kabupaten/Kota Sehat setiap 2 tahun sekali . Penghargaan ini diberikan pada Kabupaten/Kota oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat melalui Bupati/Walikota atas keberhasilan dalam pembangunan didaerahnya dengan melibatkan masyarakat . Adapun pada tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan mengikutsertakan dalam penilaian yaitu 43 Desa/Kelurahan dengan rincian 14 Kelurahan dan 29 Desa . Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM juga meminta agar semua sektor yang membidangi hal tersebut dapat fokus sehingga program dapat berjalan dengan baik.

” telah ditetapkan oleh Kepala Daerah agar Kabupaten Bintan dapat menuju Bintan yang Gemilang, untuk itu kita perlu fokus dalam mengerjakan pekerjaan apapun, sedikit ataupun banyak peran kita , kami harapkan dapat memberikan arti bagi peningkatan seluruh program ” ujarnya .

Program Kabupaten Sehat telah dimulai sejak tahun 2009 oleh Pemerintah Pusat, namun Kabupaten Bintan baru mengikutinya pada Tahun 2014 . Ada 3 kategori untuk penilaian Kabupaten Sehat dengan tingkat Tatanan yang berbeda , Kategori Padapa ( Pemantapan ) untuk 1-2 Tatanan , Kategori Wiwerda ( Pembinaan ) untuk 3-4 Tatanan dan Kategori Wistara ( Pengembangan ) untuk 5-9 Tatanan .

Sementara itu, Ketua Harian Forum Kabupaten Sehat Hj. Susilawati mengatakan bahwa untuk mensukseskan program ini , Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan telah menyusun kepengurusan melalui SK Bupati Bintan No . 256/V/2016 dengan diketuai oleh Ibu Hj Deby Apri Sujadi . Ada beberapa program baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang yang akan dikerjakan, apalagi diketahui bahwa untuk Tahap pertama, Tim Penilai dari Pemerintah Pusat direncanakan akan mulai turun memverifikasi pada bulan April 2016 , tentunya program seperti sosialisasi, pertemuan dan juga pembinaan dan koordinasi harus dilakukan segera mungkin .

” Forum Kabupaten Sehat telah mengagendakan dan menyusun beberapa program-program dan rencana kerja yang akan dikoordinasikan ke Desa/Kelurahan se Kabupaten Bintan ” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *