Sabtu , April 4 2020
Home / Natuna / TURIS ASING NONTON LOMBA SAMPAN FESTIVAL BAHARI

TURIS ASING NONTON LOMBA SAMPAN FESTIVAL BAHARI

Ranai – batamlive.com. Pemerintah Kabupaten Natuna mengelar Festival Wisata Bahari, yang penyelenggarannya bertepatan dengan kedatangan kapal-kapal layar dari negara seberang Malaysia melalui even Sail Malaysia Passage To The East Yacht Rally, Senin (1/6) kemaren di Pantai Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna.

Jadi selain masyarakat di suguhkan dengan kapal-kapal cantik dari para turis-turis yang berasal dari berbagai negara dan tergabung dalam Sail Malaysia Passage To The East Yacht Rally, para peserta Sail sendiri juga dapat menikmati suguhan tradisional lomba sampan kolek masyarakat lokal di Kabupaten Natuna.

Selain perlombaan sampan kolek, para turis dan tentunya masyarakat lokal dan domestik dapat pula menikmati berbagai aktraksi budaya khas Natuna seperti tari-tarian, lagu-lagu Natuna dan permainan alu. Untuk Festifal Wisata bahari diikuti 5 buah sampan dan 5 buah kolek dengan peserta ada sekitar 60 orang. Jarak tempuh 200m dengan peserta 20 orang, sedangkan kolek untuk jarak tempuh 200m sebanyak 20 peserta dan jarak tempuh 400m untuk lomba kolek jumlah pesertanya juga 20 orang.

Bupati Natuna, Drs. Ilyas Sabli, MSi yang menghadiri dan membuka acara perlombaan dalam sambutannya mengemukakan semoga kedatangan para turis dalam Sail Malaysia ini dapat menjadi momentum awal bagi Natuna untuk memperkenalkan keindahan alam dan keragaman budayanya di ranah internasional,khususnya dalam menarik wisatawan luar negeri untuk datang berkunjung.

Seorang warga, Radias yang di tanya komentarnya atas even yang digelar Pemkab Natuna menyatakan,sangat antusias menyambut even-even seperti ini,dan meminta agar Pemkab Natuna dapat menjadi even tersebut menjadi agenda tetap tahunan. “Selain warga masyarakat lokal dapat menikmati hiburan, kita juga dapat memperkenalkan keindahan alam Natuna. Lihatkan, para turis asing tersebut sangat tertarik dengan alam kita, dan budaya yang kita tampilkan. Jadi alam Natuna tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya, bahkan sangat indah. Apalagi bila dikelola secara tepat, niscaya bisa menjadi wisata yang sangat potensi,”katanya.

Ya, sebagai daerah perairan, Kabupaten Natuna memang masih menyimpan sejuta pesona yang belum terpoles. Kita berharap kedepan, Wisata Natuna dapat lebih ditonjolkan sehingga selain dapat memberikan nilai jual kepada wistawan asing, tentu dampaknya akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lokal yang ada

Sumber: Pemkab Natuna